Kampoeng Wisata Djampang

Pindahkan Kabah! Beginilah Model Manasik Haji Terakhir di Zona Madina

Pindahkan Kabah! Beginilah Model Manasik Haji Terakhir di Zona Madina

WISATA DJAMPANG.COM – Kamis (3/10/19), Peragaan Manasik Haji anak usia dini di Kawasan Zona Madina kembali digelar terakhir kali. Dari kelima pelaksanaan manasik haji yang dilaksanakan, maka peragaan kali ini adalah yang terakhir. Berlokasi di area Masjid Al-Madinah, semua properti manasik berpindah dari lapangan ke pelataran masjid.

Kabah yang awalnya di area lapangan rumput, kini berpindah ke area rumput sintetis di halaman depan masjid. Begitu juga lokasi pelemparan batu jumrah, tawaf dan sa’i yang awalnya berada di samping tepi jalan, sekarang naik ke lantai dua masjid. Perubahan ini terjadi karena peragaan manasik kali ini tidak melibatkan orang tua anak sebagai pendamping sekaligus sebagai peserta.

Orang tua hanya diijinkan ikut serta mengantar sampai di Kawasan Zona Madina, tetapi tidak hadir ke dalam area peragaan berlangsung. Area hanya boleh disambangi oleh anak-anak usia 4-7 tahun bersama guru pendampingnya. Hal ini dilakukan untuk tujuan penanaman karakter kemandirian dan keberanian anak.

Terdapat 931 anak yang berasal dari 46 sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di Kecamatan Gunung Sindur – Kabupaten Bogor yang berkumpul sejak pagi. Sekolah tersebut tergabung dalam keanggotaan organisasi HIMPAUDI. HIMPAUDI merupakan wadah perkumpulan guru dan tenaga kependidikan PAUD yang konsen pada layanan pendidikan anak yang terjangkau dan berkualitas.

Kegiatan tampak dihadiri

oleh pejabat Dinas Pendidikan Kecamatan Gunung Sindur, Bapak Nurjen, M.Pd. Hadir pula Ketua HIMPAUDI Kecamatan, Ibu Desty Pelis Rifiani, S.Pd. Beliau berkomitmen untuk selalu bersinergi dengan Zona Madina dalam pelaksanaan program peragaan manasik haji yang telah menjadi agenda rutin tahunan di HIMPAUDI Cabang Gunung Sindur. Selain faktor jarak, murahnya biaya turut menjadi pertimbangan utama dalam kegaitan edukasi Rukun Islam ke-5. (ahm)

Leave a Comment